Hati-Hati, Pengguna Jalan Bisa Tergilincir

Reporter: Dwi Rahayu/M.A. Qohhar

blokTuban.com - Sampah yang membanjiri Jalan Raya Rengel, Minggu (22/11/2015), membuat pengguna jalan memilih cukup hati-hati. Sebab, kalau tidak waspada bisa tergelincir atau jatuh karena terpeleset sampah. Tampak, dari dua arah warga mengimbau pengguna jalan pelan-pelan.

Tampak dari arah selatan, beberapa pengguna jalan sudah memperlambat laju kendaraannya. Terutama untuk roda dua. Sebab, banyak sampah berserakan, mulai botol bekas air meneral, daun, sisa sayuran, buah, dan bahkan pembalut wanita. Bukan itu saja kayu kering juga menghambat laju kendaraan di Jalan Raya Bojonegoro-Tuban tersebut.

Salah seorang jalanan, Fatkur (42) asal Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, mengaku hampir saja terjatuh karena ban bagian depan motornya mengenai botol sisa air mineral. Untung saja ia masih bisa mengendalikan laju motornya, kalau tellat sedikit saja bisa celaka.

"Sampahnya sangat banyak bersekaran di jalan raya terbawa air. Kok bisa ya?" kata Fatkhur bingung.

Bahkan, karena kaget dan sekaligus penasaran, ia sempat berhenti ketika hujan masih mengguyur cukup lebat. Dengan berbekal jas hujan, ia memarkir kendaraan dan melihat asal sampah yang berada di jalan. "Ternyata dari bagian atas di barat jalan. Air begitu deras dengan membawa barang-barang yang bisa terseret arus," lanjutnya.

Senada dikatakan Muhaimin, warga Kecamatan Soko, Tuban. Dirinya sudah beberapa kali menemui kejadian serupa, termasuk ketika hujan pertama mengguyur Kecamatan Rengel dan sekitarnya. Tahun sebelumnya juga kondisinya serupa dan bahkan terjadi banjir bandang.

"Warga di pemukiman atas Pasar Rengel yang harus lebih hati-hati ketika membuang sampah. Sebab, jika sembarangan bisa membuat warga celaka," sambungnya. [dwi/mad]