Sidak, DPRD Minta Bulog Perketat Seleksi Beras

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, meminta kepada Badan Urusan Logistik (Bulog) memperketat proses seleksi kualitas untuk Beras Miskin (Raskin).

"Ini kan sudah pernah terjadi (Raskin tak layak), tapi masih saja ditemukan," kata anggota Komisi B DPRD Tuban, Cancoko, ketika melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di gudang Bulog Wire, Jalan Pahlawan, Kabupaten Tuban, Jumat (20/11/2015).

Cancoko menerangkan, Bulog harus menerapkan sistem kontrol yang baik dalam penerimaan beras. Utamanya beras yang akan dibagikan untuk masyarakat. Karena yang dia tahu, Bulog melakukan pengecekan beras baru sebatas dengan melakukan sampling.

"Saya melihat kondisi gudang ini baik, jadi mungkin ada masalah ketika melakukan penerimaan beras," tandas Cancoko.

Wakil Kepala Bulog Sub Divre Bojonegoro, Omar Sharif, menyebut pihaknya akan berkomitmen memenuhi proses penyortiran dan pemeriksaan. Hanya saja, setiap beras mempunyai daya tahan yang berbeda-beda. Meskipun beras itu berada ditumpukan yang sama.

"Ada beras yang tahan berbulan-bulan, dan ada juga beras yang cepat menua," kata Omar.

Bulog meminta maaf terkait masih adanya penemuan Raskin tak layak konsumsi. Kedepannya, Bulog akan memperketat standarisasi dan seleksi beras yang masuk. [pur/col]