Pertahankan Pelanggan, Tukang Jagal Jaga Kualitas Sapi

Reporter:Khoirul Huda

blokTuban.com - Tukang jagal sapi di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban berupaya untuk meningkatkan kualitas sapi yang disembelih untuk tetap mempertahankan pelanggan dan membuat mereka puas.

Salah satu tukang jagal sapi di Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Ahmad Wahid mengatakan, cara mempertahankan kualitas daging sapi yang dijualnya dengan memilih sapi unggul. Biasanya dia memperoleh sapi-sapi unggul dari Pasar Jatirogo.

"Sapi-sapi yang kami pilih untuk disembelih adalah sapi yang kesehatannya dirawat atau dijamin tidak berpenyakit, harganya berkisar Rp25 juta ke atas," ujarnya.

Pembelian sapi dilakukan satu pekan sekali. Usai dibeli dilakukan perawatan dengan pemberian pakan yang harus dikontrol dan kebersihan kandang pun selalu dijaga. Setiap hari penyembelihan sapi dilakukan pukul 03.00 WIB dini hari untuk mendapatkan daging yang segar.

"Penyembelihan pun dilakukan oleh tokoh warga setempat agar terjamin kehalalannya," imbuhnya.

Wahid menambahkan, pendapatan dari satu ekor sapi rata-rata bisa mencapai Rp500.000. Untuk kontrol perawatan sapi, dia juga berkoordinasi dengan pihak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tuban. [hud/lis]