Dinkes Periksa Kesehatan Pasutri Lansia di Eks Lokalisasi

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) menerjunkan timnya untuk memeriksa kesehatan dua Pasangan Suami Istri (Pasutri) Lanjut Usia (Lansia) yang terlantar di eks lokalisasi Gandul, Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, siang ini, Jumat (20/11/2015).

"Sudah kita periksa kesehatan Kakek dan Nenek itu," kata Kepala Dinkes Tuban, Saiful Hadi, kepada Reporter blokTuban.com usai memeriksa kesehatan dua Lansia ini.

Saiful menerangkan, kondisi kesehatan dua lansia ini memang layak mendapat perhatian. Untuk Kakek Bukhori (76), dia mengalami lemah jantung dengan tensi 110/80 dan pembengkakan pada salah satu kakinya yang menghambat dia beraktivitas.

"Selain itu juga faktor usia dia yang sudah tua," kata Saiful Hadi.

Sementara untuk Nenek Sarmiati (73), menderita stroke sejak enam bulan terakhir dengan tensi 100/70. Karena sakit inilah, Sarmiati hanya bisa terbaring dan bergantung dengan orang lain untuk aktivitasnya.

"Sudah kita berikan suntikan dan obat untuk Ibu Bukhori (Sarmiati), sementara Pak Bukhori hanya kita beri obat karena orangnya tidak mau disuntik," jelas Saiful.

Kedepannya, akan ada petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang akan rutin datang ke lokasi dua Lansia ini. Sementara untuk permasalahan lain, seperti sosial dan kebutuhan hidup, Saiful mengatakan memang harus ada penanganan khusus.

"Kalau untuk kesehatan saya rasa itu yang bisa dilakukan, kalau yang lain memang harus ada penanganan khusus," tandas Saiful. [pur/col]