Sampai Dinihari, Tayub Masih Ramai

Reporter-Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Seni Tayub yang menjadi sajian hiburan pada pelaksanaan acara sedekah laut di Dusun Jaringan, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban, berlangsung meriah. Bahkan, sampai dini hari, warga belum beranjak dari tempat duduknya.

Acara yang dimulai pada Rabu (18/11/15) pukul 14.00 WIB telah menarik antusias warga sekitar. Sampai sore, warga terus berjubel. Setelah itu, malam hingga larut tetap dipadati warga yang ingin turut serta menyukseskan acara sedekah laut.

Pantauan blokTuban.com, sampai Kamis (19/11/2015) dinihari, puluhan orang masih begitu menikmati sajian budaya lokal tersebut dengan mengangkat sampur dan ikut ngibing. Ngibing biasa disebut juga mbeso atau joget. Disetiap lagu yang dibawakan sindir atau waranggono itu, bapak-bapak saling melempar senyum untuk menerima sampur atau selendang.

Salah seorang warga, Soim (28) mengatakan senang bisa ikut mbeso bersama-sama dengan warga lain. Sebab, setiap ada kegiatan, warga sama-sama ingin memeriahkan acara.

Senada dengan Soim, Zainul (31) menerangkan, ia bersama dengan masyarakat sekitar cukup senang dengan acara tayuban ini. Bisa dilihat sendiri, sejak siang lokasi acara selalu penuh oleh warga yang datang.

"Tayub merupakan budaya yang sangat lekat bagi masyarakat Tuban, tidak mengenal usia, siapapun bisa ikut mbeso. Ini yang disebut kemajemukan," tegas Zainul. [nok/mad]