Meski Hujan, Bendungan Mundri Masih Kering Kerontang

Bendungan Mundri, Masih Kering

Reporter: Ahmad Sahid

blokTuban.com - Beberapa hari terakhir Kabupaten Tuban diguyur hujan, baik hanya rintik-rintik, sedang maupun deras. Meski demikian, kondisi Bendungan Mundri yang berada di Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban masih kering kerontang. Akibatnya, bendungan tersebut belum bisa digunakan untuk mengairi sawah yang berada di aliran sungai tersebut.

Bangunan yang merupakan peninggalan Zaman Belanda dengan Luas sekitar 1 Hektare (Ha) itu biasanya digunakan mengaliri area persawahan di Kecamatan Bangilan dan Senori.

Kepala Desa Sidodadi, membenarkan bahwa bendungan tersebut sudah enam bulan ini tidak mengalir karena volume air semakin menipis bahkan sempat kering tanpa ada airnya sama sekali.

Meskipun sudah sering hujan, bendungan tersebut masih belum bisa menjadi penampung air, karena intensitas hujan yang rendah.

Rusman, Petani yang memiliki lahan persawahan di bawah bendungan sangat berharap agar Bendungan Mundri bisa direvitalisasi lagi sesuai fungsinya.

"Semoga segera hujan lagi dengan waktu yang lama," harap pria 50 tahun tersebut.

Senada diucap Hadi (32), warga Bangilan, dia juga berharap Bendungan Mundri segera bisa berfungsi untuk mengairi sawahnya yang sudah memasuki musim tanam.

"Iya, biar irigasi bisa lancar," jawabnya kepada Reporter blokTuban.com. [hid/col]