Keperluan Hidup Bergantung Belas Kasihan Tetangga

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kehidupan Pasangan Suami Istri (Pasutri) lanjut usia (Lansia), Kakek Bukhori (76) dan Nenek Sarmiati (73), di usia senjanya sangat miris. Untuk kehidupan sehari-hari mereka bergantung pada pemberian para tetangga.

Setiap hari, para tetangga bergiliran mengantarkan makanan kepada dua Lansia ini. Bahkan sesekali rumah yang ditempati juga dibersihkan tetangga karena dua orang ini sudah tidak bisa beraktivitas sama sekali, bahkan untuk sekadar membersihkan diri sendiri.

"Makan dari tetangga, ya seadanya karena warga sini juga banyak yang tidak mampu," kata salah satu tetangga, Sunarko (50), kepada Reporter blokTuban.com.

Selain itu, rumah sederhana yang ditempati kakek dan nenek ini juga bukan milik sendiri. Rumah tersebut sudah dijual kepada salah satu tetangganya, Suyono (49) sejak beberapa tahun lalu.

"Rumah ini milik saya, biar ditempati dulu Mas. Soalnya saya kasihan lihatnya. Sudah tidak ada keluarga dan dua-duanya lumpuh," kata pemilik rumah, Suyono.

Ketua Rukun Warga (RW) VII Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Rastam, menjelaskan kalau tetangga sekitar dua Lansia ini bersepakat untuk swadaya membantu kebutuhannya.

"Seperti makan kita gantian untuk memberi, kadang juga bersih-bersih rumah karena dua orang ini sudah tidak bisa apa-apa," tandasnya. [pur/col]