Gurih dan Renyahnya Krupuk Uyel Montong

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, ternyata menyimpan banyak makanan lokal yang layak untuk dinikmati. Salah satunya camilan khas dari Dusun Lengki, Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, yaitu kerupuk singkong atau yang dikenal dengan Kerupuk Uyel.

Nama Suwarni, pembuat kerupuk uyel, sudah tidak asing lagi di telinga warga Desa Pakel. Dia memproduksi kerupuk itu sejak 25 tahun silam dan masih terus eksis sampai saat ini.

Setiap harinya, wanita 55 tahun itu mulai menjalankan aktivitasnya di dapur pada pukul 03.00 WIB. Proses pembuatannya berbahan baku dari singkong yang di lembutkan dan di cetak seperti “uyel-uyel”. Pembuatan dilakukan dengan manual. Tangannya begitu lincahnya dan terampil dalam mengolah bahan untuk dijadikan kerupuk.

"Kadang dibantu cucu, biasanya sekitar pukul 10 pagi baru selesai bikin kerupuk ini," ungkapnya.

Dalam sehari, Suwarni mampu memproduksi sekitar 800 kerupuk uyel dan dijual ke Pasar Montong, kadang juga ada pembeli yang datang langsung ke rumahnya.

“Kendala pembuatan Krupuk Uyel tersebut adalah pada musim penghujan. Sebab, pengaruhnya terhadap rasa dan kualitas kerupuk," jelas Suwarni. [hud/ito]