Nasabah Program Mulia dan Tabungan Emas Mendominasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dari sekian banyak program yang ditawarkan oleh PT Pegadaian (Persero) Cabang Tuban, peminat Program Logam Mulia dan Tabungan Emas mendominasi. Ratusan nasabah memilih program investasi emas yang juga menawarkan keuntungan masa depan.

Menurut pernyataan dari Pimpinan Cabang Pt Pegadain (Persero) Cabang Tuban, Setyawan Ibnu Hadi, saat ini minat masyarakat terhadap program yang ditawarkan oleh PT Pegadaian yang dipimpinnya lebih condong pada Program Mulia dan Tabung Emas. Terbukti, jumlah nasabah dari kedua program tersebut mencapai ratusan nasabah.

“Untuk Program Mulia saat mencapai sektar 400-500 nasabah, sedangkan tabungan Emas sekitar 150 dalam kurun waktu satu bulan,” kata Hadi.

Dalam Program Mulia, nasabah bisa kredit logam mulia berupa emas batangan dari 1 gram sampai 1 kilogram.

Nasabah diberikan pilihan dengan membeli tunai atau diangsur selama 6 bulan sampai 3 tahun. “juga bisa menggunakan sitem arisan. Jadi tiap kelompok ada 6 orang dan setiap bulan membayar hingga yang bersangkutan namanya sudah keluar, kemudian barang bisa ditentukan,” kata Hadi.

Sedangkan Program Tabungan Emas, emas seberat 0,01 gram seharga Rp5.000. “Artinya dengan uang Rp 5.000 jika dikonfersi ke emas mendapat 0,01 gram,” kata Hadi.

Dalam hal ini seumpama nasabah berkeinginan terus menabung, sampai sabanyak-banyaknya hal itu diperbolehkan. Perhitungan dilakukan bukan dalam bentuk rupiah, namun dalam bentuk gram.

Ketika nasabah berkeinginan mengambil hasil tabungan, boleh secara keseluruhan atau sebagian. "Nanti tetap dikonfersi ke rupiah, sesuai harga yang tertera pada tabel sekarang. Biaya yang dikeluarkan untuk administrasi pendaftaran sebesar Rp 5.000 dan materai 6000 mereka bisa memiliki nomor rekening tabungan emas," pungkas Hadi. [dwi/col]