Ha...! Disdikpora Beralasan Salah Ketik

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, Sutrisno, beralasan ada kesalahan teknis dengan munculnya Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Gadon, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, yang mendapatkan alokasi rehab kelas di Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Tuban tahun 2016.

"Ya, ada seperti kesalahan ketik itu (terkait SD Negeri 3 Gadon) di RAPBD," kata Sutrisno kepada Reporter blokTuban.com, Rabu (18/11/2015).

Lebih lanjut dia menerangkan, di Kabupaten Tuban ada sekitar 586 SD. Beberapa bahkan sudah ada yang di merger atau digabungkan menjadi satu. Hal inilah yang menjadikan terkadang masih ada masalah di pendataan atau penulisan, termasuk di RAPBD Tuban.

"Jadi tidak adalah istilah anggaran fiktif, semua itu hanya kesalahan teknis," kata Sutrisno menekankan.

Terkait kesalahan ini, Disdikpora berjanji akan melakukan evaluasi dan revisi. Sementara anggaran juga akan disesuaikan untuk pos-pos yang sudah ada.

"Nanti (anggaran) kita sesuaikan dengan yang sudah ada," jelas Sutrisno.

Sebelumnya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dari Fraksi Partai Demokrat mensinyalir adanya anggaran fiktif di RAPBD Tuban tahun 2016. Pasalnya ada satu pos penganggaran yaitu rehabilitasi SD Negeri 3 Gadon. Hanya saja setelah dicek di lapangan, ternyata bangunan atau sekolah SD ini tidak ada. [pur/col]