Bupati Minta Bulog Teliti Kualitas Raskin

Reporter : Edy Purnomo

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda, meminta kepada Badan Urusan Logsistik (Bulog) meneliti kualitas Beras Miskin (Raskin), sebelum diberikan kepada masyarakat. Dia pun sangat menyayangkan masih dijumpainya Raskin tak layak konsumsi yang diberikan kepada warga.

"Meskipun Bulog mengganti dengan beras yang lebih layak, tapi itu tetap merugikan masyarakat," terang Fathul Huda melalui pesan singkat.

Dia menilai, masyarakat dirugikan lantaran harus menunggu dengan waktu yang lebih lama. Semestinya mereka bisa langsung memasak beras ini ketika Raskin datang. Tetapi lantaran kualitas jelek, mereka harus disibukkan dengan proses penggantian yang memerlukan waktu lebih.

"Beras ini kan sudah ditunggu-tunggu masyarakat miskin untuk dimakan. Jika yang didapatkan jelek dan kemudian ditukar ke Bulog, inikan butuh waktu lagi," kata Huda.

Terpisah, Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guruh Arief Dharmawan mengaku, petugas kepolisian tengah melakukan penyelidikan terkait Raskin tak layak konsumsi ini. "Anggota sudah melakukan penyelidikan di lapangan," jawab Guruh singkat.

Sementara itu, Kepala Gudang Bulog Wire Tuban, Bejo berjanji pihaknya akan lebih teliti untuk menjaga kualitas Raskin sebelum diberikan kepada masyarakat.

Dia berpesan, apabila masyarakat yang menemukan Raskin tak layak konsumsi untuk segera dikembalikan saat itu juga. Pihaknya akan langsung mendatangi lokasi dan mengganti beras masyarakat dengan beras yang lebih layak.

"Kalau misal dibagi di desa, ya langsung kembalikan ke pembagi yang ada di desa itu. Kita akan langsung datang dan menggantinya," tegas Bejo. [pur/ito]