DPK: Nelayan Jangan Ambil Lobster Bertelur

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kabupaten Tuban terus mengingatkan kepada nelayan untuk tidak menangkap lobster yang diketahui bertelur. Sebab, jika hal itu terus dilakukan, bisa membuat punah lobster.

"Kalau menangkap lobster lihat dulu, kalau sedang bertelur, kami minta untuk dilepaskan kembali," kata Kepala DPK Tuban, Sunarto, kepada reporter blokTuban.com, Senin (16/11/2015).

Himbauan ini sudah beberapa kali disampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui DPK kepada nelayan. Termasuk ketika ada even-even nelayan, seperti halnya sedekah laut.

Sunarto menyebut hal ini berkait erat dengan pola pikir nelayan dan masyarakat umum. Sebab, nelayan atau orang yang sudah berhasil menangkap lobster bertelur pasti merasa sayang jika harus mengembalikan lagi ke laut.

"Generasi mendatang tidak akan tahu bagaimana rasanya makan lobster jika indukan yang tengah berterul juga diambil," kata Sunarto.

Pemerintah mengklaim sudah melakukan pengawasan kepada nelayan. Yaitu dengan terbentuknya Satuan Kerja (Satker) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) bekerjasama dengan masing-masing Pemerintah Daerah (Pemda).

"Kita berharap pelan-pelan nelayan kita akan menyadari larangan ini. Sebab, hal ini akan berpengaruh kepada habitat laut kita kedepan," lanjutnya. [pur/mad]