Logong, Wisata Cuci Gratis di Singgahan

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Ada yang menarik di aliran mata air Krawak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Selama ini banyak yang belum mengetahui ada lokasi wisata alam di bawahnya khusus untuk mencuci. Setiap hari banyak warga mencuci motor, mobil, truk dan bahkan bus.

Warga menyebut dengan Sungai Logong, yang turut Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Tempatnya tidak jauh dari air terjun Nglirip, yakni sekitar 500 meter. Bila dijangkau dari Kota Tuban, berjarak sekitar 40 kilometer (Km).

Pantauan blokTuban.com, hamparan bebatuan kecil yang menjadi dasar sungai, menjadikan tempat tersebut sebagai rujukan warga setempat untuk urusan mencuci. Bahkan saat musim kemarau, tempat tersebut selalu dipadati warga untuk mencuci pakaian. "Terlebih santri pondok yang air di sudah tidak mencukupi kebutuhan," kata seorang warga, Mukson (52).

Rumah Mukson lokasi bisa dibilang terdekat dari sungai. Hampir setiap hari ia melihat orang-orang luar desa, bahkan kecamatan lain mencuci di Logong. "Ramai juga saja kemarau, tapi saat penghujan masih tetap ada yang kesini," terangnya.

Dikatakan, warga yang mengunjungi tempat tersebut bukan hanya warga lokal Singgahan saja, melainkan ada yang dari Montong, Kerek, Parengan, Senori dan bahkan Kecamatan Bangilan. "Karena lokasinya luas dan gratis," ujarnya.

Salah satu pengunjung, Wanto  (50) mengakui jika ia cukup sering ke Logong. Apalagi jika habis dari perjalanan jauh. Setelah pulang, melihat kendaraan kotor, pasti akan langsung dibawa ke Logong sekaligus berwisata dengan masyarakat umum.

"Kemarin baru pulang dari Jakarta, jadi kendaraanya kotor," terang Wanto sambil mencuci truknya.

Sementara itu pemilik sepeda motor, Toni (20) juga mengakui hal yang sama. "Selain refreshing juga mencuci motor," tegas pria asal Kecamatan Montong tersebut. [hid/ito]