Batik Gedog Tulis Tembus Pasaran Luar Pulau

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sepanjang jalan di Desa Jarorejo hingga Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, cukup mudah dijumpai toko-toko milik warga yang menjual batik. Tepatnya produk asli Kabupaten Tuban, Batik Gedog Tulis.

Cukup mudah menemukan penjual batik, karena sebelum masuk Desa Margorejo akan dapat gapura bertuliskan "Kawasan Sentra Industri Batik Gedog Tulis". Saat masuk, maka banyak sekali pilihan batik yang bisa dibeli atau untuk oleh-oleh.

Salah satu pemilik rumah usaha Batik Gedok, Zainal Abidin, bercerita banyak kepada blokTuban.com. Menurutnya, ia mulai menekuni usaha Batik Gedog Tulis sejak tahun 1992. Diawali dari iseng-iseng, ternyata ia merasakan ada peluang yang begitu menjanjikan.

"Tidak sengaja mengawalinya, tetapi benar-benar hasilnya luar biasa," ketanya.

Sekarang Zainal, panggilan akrabnya, mempunyai pekerja tetap sekitar 10 orang. Untuk produksi, setiap Minggu ketika musim kemarau bisa menghasilkan 1.000 lembar Batik Gedog Tulis. Namun, ketika musim penghujan akan ada penurunan, karena faktor cuaca.

“Kami tetap mempertahankan kualitas walaupun hanya memakai alat-alat tradisional," terangnya.

Sementara itu, penanggungjawab produksi di rumah batik, Wiwit menerangkan, saat ini banyak ini juga peralatan modern yang bermunculan. Namun, agar tetap menjaga motif bagus, lebih baik dengan alat tradisional.

"Untuk pemasaran, Batik Gedog Tulis ini ada di Kabupaten Tuban. Namun, produk juga telah sampai di Bali salah satunya," sambung Wiwit. [hud/ito]