Sedekah Laut Digelar Nelayan Kradenan

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Nelayan asal Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, menggelar sedekah laut hari ini, Sabtu (14/11/2015). Tampak, sejak pagi pemilik perahu telah bersiap-siap menyiapkan segala keperluan untuk upacara tahunan tersebut.

Rencananya, nelayan melakukan pawai perahu di laut utara. Menyusuri pantai-pantai di desa-desa pesisir yang ada di Kecamatan Palang. Mulai dari tambat labuh di Desa Karangagung sampai pantai kelapa Desa Panyuran.

"Pawai nelayan digelar pagi ini. Banyak perahu yang ikut," kata salah satu tokoh nelayan, Muslih (36) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) desa setempat.

Pantauan di lapangan, perahu-perahu nelayan yang akan mengikuti pawai terlihat berjajar di pinggir pantai. Lengkap dengan bendera besar yang dipasang di atasnya. Bendera tersebut menjadi ciri khas untuk menunjukkan keramaian di pantai.

"Kalau begini biar kelihatan semakin meriah," tambah nelayan lain, Harsono.

Sedekah laut digelar sebagai wujud syukur nelayan atas berkah yang melimpah, berupa hasil laut dan keselamatan dari Allah SWT. Doa yang diharap adalah, selama melaut tidak ada marabahaya dan dapat terus lestari. Upacara sedekah laut merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat pesisir Pulau Jawa, baik pesisir selatan atau utara, termasuk di Kabupaten Tuban. [pur/mad]