Demi Pilkada, Renovasi Balai Desa Dikebut

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban masih beberapa Minggu lagi, tepatnya 9 Desember 2015. Walaupun tidak hubungannya secara langsung, tetapi beberapa desa yang saat ini tengah merenovasi kantor balai desa juga ikut bingung.  

Seperti pada Sabtu (14/11/2015), banyak pekerja sedang menyelesaikan pekerjaan di balai Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Mereka mempercepat pembangunan dan ditargetkan sebelum Pilkada sudah tuntas.

Rehap sebenarnya telah dimulai bulan September lalu dengan anggara sekitar Rp150 juta dari Alokasi Dana Desa (ADD). “Kantor kami sudah tidak layak huni, terutama cukup sempt. Sehingga perlu diperbaiki," kata Kades Sumurgung, Dwi Leksono Widodo.

Selain Sumurgung, pembangunan juga berlangsung di Desa Pakel, Kecamatan Montong. Bahkan, di tempat tersebut sudah hampir selesai dan tinggal melakukan finsihing bangunan.

”Bangunan yang lama sudah rusak. Kayu-kayu di balai desa sudah lapuk dan perlu diremajakan,” tegas Kepala Desa Pakel, Ifa Fadilah.

Ifa sangat yakin, jika pembangunan kantor desa sudah akan selesai sebelum Pilkada Tuban berlangsung. Sehingga, pada waktu pesta demokrasi terseut bisa dimanfaatkan. [hud/mad]