Waspada di Jalur Sekitar Pabrik Semen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Masyarakat yang melintas di sekitar pabrik PT Semen Indonesia (Persero) di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, harus ekstra waspada. Sebab, setiap pagi dan sore, kendaraan begitu padat dan terkadang dalam kecepatan tinggi.

Apalagi saat pagi, seperti pada Jumat (13/11/2015), ratusan sepeda motor menuju ke arah pabrik. Jika tidak hati-hati, maka akan membahayakan pengguna jalan. Walaupun ada penjaga yang mengatur lalu lintas, namun warga harus tetap waspada.

Salah seorang penjaga pintu masuk pabrik yang sebelumnya dikenal dengan Semen Gresik (SMGR) itu menerangkan, aktivitas terpadat kendaraan sekitar pabrik pada pukul 07.00 WIB. Saat itu, para pekerja mulai akan masuk kerja.

"Ada ratusan sepeda motor dan mobil yang berderet akan masuk ke dalam pabrik," terangnya.

Kondisi serupa akan terulang saat kepulangan sekitar pukul 16.00 WIB. Satu persatu motor dan kedaraan roda empat mulai meninggalkan pabrik menuju ke tempat tinggal masing-masing. Bukan hanya kendaraan milik karyawan, tetapi alat berat juga terkadang menyeberang menuju ke arah tempat produksi semen.

"Kebanyakan karyawan tinggal di desa sekitar pabrik, walupun juga ada yang dari Kota Tuban dan lainnya," jelas karyawan PT Semen Indonesia, Wiba Prasetiyo. [hud/mad]