Wabup Berharap TPPI Serap Naker Lokal

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI) kembali beroperasi setelah lama fakum. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Rabu (11/11/2015) kembali berkunjung ke kilang yang ada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban tersebut.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, jika kilang minyak di TPPI diperkirakan akan membutuhkan tenaga kerja sekitar 1.500 orang. "Informasinya butuh tenaga kerja banyak, kami harap yang diserap itu warga lokal," kata Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein, Selasa (12/11/2015).

Pemkab bahkan berjanji akan selalu berkomunikasi dengan manajemen PT TPPI mengenai tenaga kerja. Serta dibutuhkan informasi yang bisa diteruskan ke masyarakat apabila ada lowongan kerja.

"Tidak hanya di TPPI, karena semua perusahaan yang masuk ke Tuban juga kita minta untuk memprioritaskan warga lokal," terang mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Tuban tersebut.

Sebelumnya, ketika melakukan kunjungan ke PT TPPI, Presiden Jokowi juga berharap kilang yang ditarget bisa beroperasi penuh akhir tahun ini memperhatikan warga lokal. "Kami sudah menginstruksikan ke manajemen agar mengutamakan tenaga kerja lokal," tegas Jokowi ketika melakukan kunjungan kemarin siang.

Saat ini, PT TPPI baru beroperasi sekitar 70% dari kemampuan penuh, yang bisa mengolah minyak mentah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar 100.000 Barel Per Hari (BPH). [pur/ito]