Optimis Pemilih Diatas 76,8 Persen

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban optimis bisa meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 mendatang. Sebab, di Kabupaten Tuban pada Pemilu lalu angka partisipasi pemilih 76,8%.

"Dari total keseluruhan di Pilkada mendatang kami menargetkan diatas angka itu," kata Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini, kepada blokTuban.com, Kamis (12/11/2015).

Dikatakan, jika partisipasi pemilih bisa terdongkrak apabila keinginan untuk Golput atau tidak mempergunakan hak suara bisa diminimalisir. Selain itu juga diperlukan sosialisasi yang intensif agar warga mau mempergunakan hak pilih dan memahami pentingnya Pilkada.

"Sosialisasi kita lakukan dengan banyak cara. Mulai dari menyebar kaos Pilkada, mengundang pelajar sebagai pemilih pemula, tuna daksa, dan juga mendatangi elemen masyarakat lain," jelas Yayuk.

Bukan hanya itu saja, KPU juga melakukan grebek pasar, untuk melakukan sosialisasi di tempat-tempat jualan tradisional, serta mendatangi pusat-pusat keramaian masyarakat. Semua itu dilakukan untuk terus mengingatkan pemilih jika 9 Desember mendatang waktunya menggunakan hak suara.

"Intinya kita akan jemput bola, supaya partisipasi pemilih bisa terdongkrak," lanjutnya. [pur/ito]