Ayoo...! Segera Publikasi Sekolahmu

Reporter: Parto Sasmito

blokTuban.com - Kreatifitas menulis di tingkat sekolah sebenarnya sudah mulai muncul belakangan ini. Namun, kebanyakan sebatas di lokasi tempat pendidikan berlangsung, belum sampai ke luar sekolah. Oleh karena itu, untuk turut serta memajukan pendidikan di Bumi Wali, sebutan akrab Kabupaten Tuban, blokTuban.com mengajak siswa-siswi maupun guru untuk turut serta meliput, menulis dan mempublikasi sekolah secara gratis.

Melalui kanal blokTuban Goes to School (bT GtS), blokTuban.com berharap siswa dapat berlomba-lomba menginformasikan prestasi, kegiatan sekolah maupun aktivitas lainnya ke luar. Yang jelas untuk citra positif sekolah masing-masing.

"Intinya kanal bT GtS dari dan untuk siswa. Sehingga, kami hanya membantu mempublikasi tulisan kreatif siswa maupun guru," kata Pemimpin Umum/General Manager (GM) blokTuban.com, Muhammad Abdul Qohhar.

Mas Koko, panggilan akrabnya menerangkan, selain menerima tulisan siswa atau guru, redaksi bT, sebutan blokTuban.com juga ingin berbagi dalam hal skill menulis. Sekolah yang ingin didatangi crew bT bisa mengubungi kantor atau melalui reporter yang ada di lapangan.

"Kami tunggu tulisannya dan bT siap berbagi untuk kemajuan pendidikan di sekolah," jelasnya.

Dalam perjalanan blokMedia Group, induk jaringan blokTuban.com, kegiatan di sekolah telah dilakukan sejak tahun tahun 2012 dengan menggelar program blokBojonegoro Goes to School (bB GtS). Ada lebih dari 300 lembaga di Kabupaten Bojonegoro yang sudah didatangi.

"Tema kegiatan 100% Jurnalis Sekolah, artinya siswa yang diajak kreatif menulis dan sampai bisa mendirikan Lembaga Pers Siswa (LPS)," tambahnya.

Informasi di lapangan menyebut, sekolah-sekolah di Kabupaten Tuban sebanarnya telah banyak yang mempunyai kegiatan menulis, seperti menerbitkan majalah, buletin atau sekelas majalah dinding (Mading). Tetapi, kebanyakan belum digarap secara serius dan berkelanjutan.

"bT siap berbagi ilmu untuk turut serta memajukan media internal siswa maupun sekolah," sambung Mas Koko yang juga berprofesi sebagai dosen dan lulusan Magister Komunikasi Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) Surabaya tersebut. [ito/mu]