Hari Pahlawan, Pelajar Orasi Depan DPRD

Reporter: Edy Purnomo

BlokTuban.com - Sekitar 50 pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Techno Insan Kamil, Tuban, melakukan aksi peringatan Hari Pahlawan 10 November di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Selasa (10/11/2015).

Aksi mereka gelar dengan membentangkan bendera merah putih, sejumlah poster dan spanduk. Mengenakan beberapa topeng dan kostum tradisional. Serta melakukan orasi dan membaca puisi secara bergiliran.

Para pelajar mempunyai cara pandang berbeda untuk memperingati para pahlawan. Menurut mereka, hari Pahlawan menjadi momen dimana mereka juga harus berubah lebih baik, supaya bisa mengisi kemerdekaan dengan baik.

"Kita ingin supaya anak-anak seusia kita tidak terjerumus ke pergaulan bebas, narkoba, dan hal-hal lain yang merugikan," terang Zahra (12), pelajar kelas VIII di SMP Techno Insan Kamil.

Pelajar lain, Ahmad Zamzami Mundhofar (12), berharap pelajar sekarang bisa mencontoh semangat perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan untuk Indonesia. "Jadi kedepannya, generasi muda juga harus semangat berjuang membangung bangsa Indonesia lebih baik lagi," kata Zamzami.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November, mereka lakukan tepat pukul 06:30 WIB dan selesai sekitar pukul 07:30. Usai aksi, mereka masuk ke halaman gedung DPRD Tuban untuk melakukan refleksi didampingi beberapa Guru. [pur/mad]